Mungkin aku bukan orang baik, tapi setidaknya aku berusaha menjadi orang yang baik, karena usahaku itu maka aku juga berusaha menghindari orang-orang yang tak baik menurut pendapatku.

Sah saja itu, sebab manusia di akherat nanti itu bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Aku menghindari orang yang berlisan buruk, karena aku takut ketularan jadi tukang sumpah serapah, memfitnah, ghibah, mengadu domba, dusta, pengumpat, pendengki, pemarah, suka memburukkan orang lain,

Aku juga berusaha menjauhi orang yang suka melakukan sesuatu antara ucapan dan perbuatan berlainan, siang bicara tempe, sore kedelai, kalau bagiku, bisa jujur itu lah yang terbaik, walau orang tak percaya, walau orang menjauhiku karena kejujuranku, la urip yo tidak lama, kebohongan akan tetap ketahuan. Sebentar juga mati.

Maaf jika perbuatan yang ku lakukan membuat siapa di luar sana merasa sakit hati, merasa dengki, tak terima, bagiku yang penting, aku tidak punya hutang yang tak ku bayar, tidak punya janji yang tak ku tepati, aku hanya ingin meninggal tanpa beban dunia, dan berpindah ke tempat tugas yang baru, berusaha sebaik mungkin di tugas di dunia, dan berusaha sebaik mungkin tugas di akherat nanti. Sebab selamanya kita manusia hanya bertugas menghamba pada Allah yang menciptakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar