Ibnu Abbas ra berkata : "Orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia adalah dimintakan ampunan oleh segala sesuatu sampaipun ikan di lautan"

Sebagian hukama' berkata : "Orang 'alim itu masuk pada apa yang di antara Allah dan makhlukNya maka hendaklah ia melihat bagaimana ia masuk".

Dan diriwayatkan bahwa Sufyan Ats Tsauri rahimahullah tiba di Asqalan lalu ia tinggal di mana ia tidak ada orang yang bertanya kepadanya, lalu ia berkata : "Bekalilah saya agar saya dapat keluar dari negeri ini. Ini adalah negeri yang di dalamnya ilmu itu mati". la berkata demikian karena ia sangat ingin mengemukakan atas keutamaan ilmu dan kekalnya ilmu dengan pengajaran itu.

Atha' ra berkata : "Saya masuk pada Sa'id bin Al Musayyab di mana ia sedang menangis lalu saya bertanya : "Apakah yang menjadikan kamu menangis ?". Ia menjawab : "Tidak ada seorangpun yang tanya kepadaku tentang sesuatu". Sebagian mereka berkata : "Ulama itu pelita masa. Masing-masing dari mereka adalah pelita masanya di mana orang-orang pada masanya itu meminta penerangan kepadanya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar