Syareat itu teori lahir, tasawuf itu teori batin, menjalankan keduanya di namakan tarekat, dan tujuannya adalah hakekat, mengetahui syareat, tasawuf, menjalankan tarekat sampai bertemu hakikat dinamakan makrifat, dan mengajarkannya kembali itu dinamakan mursyid.

Jadi makrifat itu tau dengan jelas tujuan pencapaian, tau dengan mata lahir dan sesuatu yang bersifat lahir dan tau dengan basiroh mata batin sesuatu yang ghaib. Pencapaian itu tidak akan tercapai kecuali dengan izin Allah, tidak bisa manusia membuka yang ghaib di balik kesemua alam, dan tidak akan manusia itu mencapai itu kecuali Allah menghendaki. Dan kehendak Allah itu hanya kepada yang dikehendakiNya, itu hak preogratif Allah. Allah tidak bisa dipaksa menentukan kehendaknya.

Oang yang dikehendaki Allah akan dibentuk untuk kuat menerima kehendakNya, orang yang akan dianugerahi Allah akan diberi kekuatanNya untuk menerima anugerahNya, tandanya orang itu dikehendaki kuat menerima karuniaNya adalah diberi kekuatan menjalankan ketaatan padaNya dan diberi kekuatan terlepas dari ingkar padaNya.

Tandanya orang itu diberi kekuatan taat dan kekuatan menjauhi maksiat adalah orang itu diberi kekuatan yakin atas ketentuanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar