"Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. an-Nisa: 79).

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasa kan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS. ar-Ruum: 41)

"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)." (QS. as-Syura: 30).

Sebagai manusia yang berfikir dan dibekali pikiran, maka jika mengalami suatu hal apapun yang buruk, entah sakit, entah kecelakaan, entah kejadian apapun yang buruk, sebaiknya, mengembalikan pada diri sendiri, menelaah, mencari-cari kesalahannya sendiri, sebab semua kejadian buruk itu semuanya adalah disandarkan pada manusia yang mengalami, seorang supir bus yang ngebut dia jika mengalami kecelakaan, pasti kecelakaan bus, bukan kecelakaan pesawat, karena dia itu supir yang menyetiri bus, seorang makan daging, ada tulangnya jika kesedak, pasti kesedak tulang, bukan kesedak meja, atau rumah atau balai desa, jadi semua apa yang menimpa manusia entah kejadian alam atau kejadian perorangan itu adalah ulah manusia itu sendiri, kenapa kok saya sakit perut, kenapa tidak sakit kepala? kenapa saya kok sakit gigi, tidak sakit panu saja? kenapa saya sakit ginjal kenapa tak sakit ketombe saja? itu sebagaimana seorang sopir bis kenapa kecalakaan bis, bukan kecelakaan pesawat, karena sopir bis yang disetir adalah bis bukan pesawat. jadi segala sakit yang menimpa manusia itu tak jauh dengan apa yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Nah ketahui sebabnya jika melakukan dosa dan kesalahan maka bertaubat, jika karena ngebut lantas kecelakaan bis, maka jangan ngebut kalau jadi sopir bis, kalau tak bisa gak ngebut, ya sudah jangan jadi sopir bus, naik saja sepeda, dikayuh saja ngebut digeos sampai sepeda keluar asapnya juga boleh. Sama jika ada sakit di dalam tubuh kita itu karena berhubungan dengan sesuatu yang kita lakukan di masa lalu, nah sadari itu lalu bertaubat pada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar